Balmon ……………………. ?

Balmon Incar Pengguna Frekuensi tanpa Izin
Rabu, 03 September 08 – oleh : admin

Tim Depkominfo, Ditjen Postel, dan Balmon mulai 1 September 2008 melaksanakan penegakan hukum (penertiban) secara nasional terhadap penggunaan spektrum frekuensi radio dan siaran. “Segera mengurus izin atau akan berhadapan dengan sanksi hukum,” kata Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi dan Orbit Satelit Kelas II NAD, Ir Muhammad Saleh.

Saleh kepada Serambi, Selasa (2/9) mengingatkan kepada seluruh pengguna/pemilik perangkat komunikasi radio yang belum memiliki izin agar segera mengurus izin sesuai amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (khusus untuk radio siaran dan TV).

Kepada seluruh pengguna perangkat komunikasi radio, tanpa kecuali, bila belum memiliki izin dilarang mengudara. Bagi yang tidak mematuhi, merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 dan dikategorikan ke dalam tindak pidana bidang telekomunikasi.

Dijelaskan Saleh, perangkat komunikasi radio yang wajib memiliki izin spektrum frekuensi radio adalah terhadap perangkat/stasiun radio siaran, HT/rig, sulular, dan TV yang digunakan oleh BUMN/BUMD, badan usaha swasta, koperasi, instansi pemerintah, RAPI, Orari serta NGO.

Saleh juga menginformasikan, Tim Operasi Penertiban Balmon tahun 2008 telah menyita dan menyegel perangkat serta menyerahkan penyidikan kepada Polres Aceh Tenggara untuk dilimpahkan ke pengadilan karena melanggar UU Nomor 36 Tahun 1999 dan UU Nomor 32 Tahun 2002.

Kepala Balmon NAD juga mengimbau kepada calon pengguna alat komunikasi agar sebelum mengadakan/membeli perangkat komunikasi radio hendaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Balmon guna menghindari kesalahan teknis dan ketentuan lainnya. “Silakan datang langsung ke kantor atau melalui telepon 0651-34433 atau feks 0651-638538 setiap hari kerja,” kata Saleh.(nas)

Sumber : serambinews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: